Posted by : Aditya Darmawan® Kamis, 13 September 2012

Saham Facebook Inc harganya berhasil mencetak lonjakan terbesar dalam satu hari sejak perusahaan jejaring sosial terbesar tersebut melantai di bursa, Rabu kemarin. Harga saham Facebook (FB) berhasil naik 7,7 persen dan ditutup menjadi US$ 20,93 per saham. Namun, harga FB masih turun 45 persen dari harga penawaran perdananya US$ 38 pada 18 Mei lalu.

Reli kenaikan saham Facebook dipicu oleh pernyataan CEO Mark Zuckerberg yang mengatakan bahwa ia optimistis tentang kemampuan perusahaannya untuk menjual iklan di layanan perangkat bergerak atau mobil.

Saham perusahaan jejaring sosial telah mengalami tekanan jual yang hebat akibat keraguan atas kemampuannya untuk bersaing di pasar iklan telepon seluler.

Analis dari JP Morgan, Doug Anmuth, yang mempertahankan ratingoverweight untuk saham Facebook mengatakan, “Kami tetap menilai positif Facebook seperti yang kita harapkan dari pendapatan iklan di paruh kedua tahun 2012 serta tahun 2013.”

Beberapa analis juga optimis, Laura Martin, analis dari Needham, tetap memberi rekomendasi beli pada saham Facebook, namun menurunkan target harganya menjadi US$ 25 dari sebelumnya US$ 40 per saham.

“Kami tetap percaya pada nilai jangka panjang beralihnya pilihan ke layanan telepon seluler pengguna Facebook, terutama untuk aplikasi video dan perdagangan, serta beralihnya perekonomian jangka panjang terkait penggunanya yang mencapai 900 juta,” paparnya.

Dia juga memberi catatan bahwa, “Beberapa karyawannya yang dianggap cerdas di muka bumi ini terlambat menghasilkan uang dari perubahan yang begitu cepat di konsumen, dari desktop ke telepon seluler, dibandingkan para pesaingnya.”

Selasa lalu, Zuckerberg mengatakan bahwa timnya sedang mencari bentuk mesin pencari, sehingga membenarkan spekulasi bahwa perusahaan berencana lebih agresif untuk fokus ke pasar dan akan mendapat tantangan langsung dari saingannya, yakni Google.

Melonjaknya saham Facebook juga memberi berkah terhadap saham perusahaan pemasok permainan (games) di situs jejaring sosial, Zynga Inc. Harga saham Zynga (ZNGA) ikut melambung 10,04 persen menjadi US$ 3,07 per saham.

Leave a Reply

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar nya :)

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Raditya Kaizhen® - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -